Jumat, 03 Januari 2020

Bisnis Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Mukomuko

Bisnis Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Mukomuko . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai sentra bisnis kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa keluarga di sana mendirikan bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak pasar. Ketrampilan mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, baskom, and lain-lain tapi masa ini sudah bertolak ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan interior cafe, rumah, and lain-lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, sekarang, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari banyak wilayah di Negara Tercinta and manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka mau membantu para pengrajin kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke semua wilayah and manca negara. Teknologi internet amat membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tarakan.


Contoh Seni Logam Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg meujudkannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam amat bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni beberapa faktor yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), untuk orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Problem para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lain-lain, industri Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama customer dpt meraih harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam diwajibkan inovatif and diwajibkan memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak sekedar meraih orderan kerajinan logam yg dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tapi sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan yakni AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekedar satu sahaja tetapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih orderan kerajinan tembaga dari palangkaraya. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk memproduksi kerajinan kuningan yg bermutu and sesuai yg diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar