Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tangerang

Ahli Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kota Tangerang . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai sentra bisnis seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa saudara Cepogo mendirikan kerja di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain walaupun demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan ornamen restoran, gedung, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Boyolali, kini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Negara Kita & luar negeri. Pesanan kerajinan logam tembaga bertambah signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya yakni munculnya teknologi website. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan kuningan buat menawarkan produknya ke semua daerah & manca negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan kuningan. Salah satu ahli kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke serang. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke jakarta.


Contoh Seni Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer juga bisa mengorder kerajinan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan amat beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini yakni lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya semestinya otomatis ditambah ongkir.

Kendala para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga jg naik. Permasalahan lainnya, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama customer bisa menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil shngg tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan inovatif & diharuskan menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery tdk sekedar menerima orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan hiasan rumah namun sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang desain kubah bisa menyesuaikan keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menarik yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari tanjung balai. Dengan modal pengalaman puluhan th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui metode guna memproduksi seni logam yang berkualitas & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar