Jumat, 03 Januari 2020

Pengusaha Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Flores Timur

Pengusaha Seni Logam Melayani Konsumen Kabupaten Flores Timur . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg banyak dikenal itu. Desa tersebut diketahui sbg pusat pengusaha seni ukir tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Jawa Tengah memilih kerja di rumah kerajinan logam buat dijual ke berbagai konsumen. Ketrampilan menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekadar menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, & lain-lain walaupun demikian sekarang ini telah bertolak ke kerajinan kuningan buat keperluan ornamen hotel, gedung, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dgn naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga semakin tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Indonesia & manca negara. Pesanan kerajinan kuningan bertambah sangat signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya adalah adanya teknologi website. Dg adanya teknologi internet maka akan membantu para industri kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet amat membantu para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan kuningan ke palopo. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke metro.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Customer juga dapat memesan kerajinan tembaga sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt mempunyai rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yg bertanya-tanya harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Antara lain ini adalah beberapa parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan yg dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil semestinya harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya akan ditambah ongkir.

Problem para pengrajin kerajinan kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dapat memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan juga mahal. Permasalahan lain, pengrajin Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dapat memperoleh harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu ingin kondisi ekonomi selalu stabil shngg nggak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan wajib inovatif & wajib memantau selera prospek. Sekarang AA Gallery nggak sekadar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan hiasan rumah namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat nggak sekadar satu saja melainkan begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari singkawang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat seni logam, AA Gallery semakin paham teknik untuk menghasilkan seni logam yg memiliki kualitas & sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar