Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Boyolali

Industri Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Boyolali . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg termahsyur itu. Kampung tsb dikenal sbg sentra industri seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan logam buat dijual ke bermacam pasar. Keahlian mengolah logam didapati secara turun-temurun dari sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali bisnis kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, & lainnya tapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat keperluan dekorasi hotel, kantor, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap tumbuh cepat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam daerah di Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya merupakan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau membantu para ahli kerajinan logam buat mempromosikan produknya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke mojokerto. Tidak sekedar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru.


Contoh Seni Tembaga merupakan robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki desain sendiri lalu AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini merupakan beberapa variabel yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu harganya semakin murah karena bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak pesanan tentu semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yg tdk stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan logam naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, ahli Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa memperoleh harga yg sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berdoa kondisi ekonomi tetap stabil shngg tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengusaha kerajinan kuningan wajib inovatif & wajib memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tdk sekedar memperoleh pesanan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan interior hotel namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah bisa mengikuti keinginan customer.

Pd Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan buat membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan tdk sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari sukabumi. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti teknik untuk membuat kerajinan tembaga yg memiliki kualitas & sesuai yg diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar