Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Parigi Moutong

Industri Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Parigi Moutong . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan tsb disebut sebagai pusat pengrajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Jateng. Lebih dari satu saudara Cepogo-Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke bermacam pasar. Ketrampilan mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dgn hanya menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, dan lainnya tetapi saat ini telah beralih ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan interior cafe, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Jateng, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Pesanan kerajinan kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya yaitu hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet begitu menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta timur. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke jambi.


Contoh Seni Logam Tembaga yaitu robyong, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki design pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini yaitu beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil semestinya harganya juga murah karena bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian jg sebaliknya semakin tak sulit, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan semestinya juga murah), jika permintaan dari wilayah lain di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga jg mahal. Permasalahan lainnya, ahli Boyolali-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga selalu bermimpi stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga harus inovatif dan harus memantau selera pasar. Kini AA Gallery tdk hanya mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan eksterior rumah tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk hanya satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari kutai kartanegara. Dengan modal pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery semakin mengetahui teknik guna menghasilkan seni kuningan yang berkualiti dan cocok yang diharapkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar