Jumat, 03 Januari 2020

Industri Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Mamuju

Industri Seni Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Mamuju . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa Tumang tsb disebut sbg pusat industri seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jateng mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, & sebagainya akan tetapi sekarang telah bertolak ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan eksterior masjid, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dengan naiknya pesanan, baik pesanan nasional atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga meningkat cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan menolong para perajin kerajinan tembaga buat menawarkan produknya ke semua daerah & berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong yakni AA Gallery. Kini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jayapura. Tdk hanya tsb saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta utara.


Contoh Seni Kuningan yakni lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka dpt mempunyai desain pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan sangat beragam akan tetapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang digunakan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentunya akan ditambah ongkir.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lain, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapat harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan logam tembaga diharuskan kreatif & diharuskan memantau selera prospek. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior kantor tapi telah bertambah pada produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu saja akan tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari palopo. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan kerajinan logam yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar