Jumat, 03 Januari 2020

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kerinci

Ahli Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Kerinci . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg sentra perajin kerajinan tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Cepogo. Beberapa family Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan tembaga buat ditawarkan ke beragam pasar. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, baskom, dan lain-lain akan tetapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan dekorasi masjid, kantor, dan lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Cepogo, sekarang, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh cepat. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan berbagai negara. Teknologi website amat membantu para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke parepare. Tidak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke cilegon.


Contoh Kerajinan Logam merupakan kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat memiliki design sendiri kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam amat beragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan beberapa parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya semakin mini tentu harganya jg murah sebab bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin gampang, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu semakin murah), untuk orderan dari daerah lain tentu otomatis dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh sebab itu, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga harus kreatif dan harus menyesuaikan selera prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar mendapat orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tetapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tidak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari pariaman. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin tahu metode guna memproduksi kerajinan kuningan yang ber-quality dan cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar