Minggu, 13 Oktober 2019

Modernisasi Peralatan Pembuatan Kerajinan Tembaga Kuningan di Cepogo-Jawa-Tengah buat Puaskan Pembeli dari Kabupaten Donggala

Kerajinan Tembaga Kuningan salah satu hasil Perusahaan kerajinan tembaga Tumang-Boyolali yaitu karya estetika yang sudah berkembang menjadi Home industri sbg penompang perekonomian masyarakat. perajin tembaga biasanya tergabung di dlm Kelompok perajin Tembaga. Kerajinan ukir tembaga ini memiliki tingkat kemenarikan yang tak kalah dg perak atau bahan lainnya. Pada perkembangannya sebagian perajin mencoba merintis kerajinan estetika ukir tembaga yang jenis produksinya berupa perlengkapan & aksesoris. Para pengusaha kerajinan tembaga juga berupaya berpartisipasi dunia bisnis di Indonesia . Beragam hasil buah karyanya, mirip relief, kaligrafi, banyak jenis tempat lampu robyong, bowl, eksterior masjid atau kubah masjid sudah menghiasi banyak tempat terkenal.
Perusahaan kerajinan tembaga di Tumang, Ds. Cepogo, Boyolali mengalami penambahan berkembang. Akan Tetapi bukan artinya tak permasalahan. Sebelum ini produksi kerajinan tembaga di Tumang-Boyolali masih memanfaatkan alat manual. Banyak pengusaha logam Tumang yang mengaku bahwa mereka tak henti-hentinya kewalahan bersaing dg industri pabrikan oleh sebab tsb modernisasi pembuatan kerajinan tembaga kuningan sangat memudahkan para pengusaha kerajinan tembaga. Baru-baru Ini dg adanya bantuan mesin dari Kementerian Perindustrian, para pengusaha kerajinan tembaga bisa mempercepat proses produksi kerajinan. Sebagian pengusaha akhir-akhir ini sudah memanfaatkan teknologi mesin. Ini dilakukan untuk mengakomodasi membeludaknya pesanan. Permasalahan lainnya, harga bahan baku logam kian mahal. Selama ini bahan baku logam kuningan didatangkan dari luar negeri.
Dgn adanya bantuan peralatan pembuatan kerajinan tembaga modern dari pemerintah, diharapakan dpt menekan biaya produksi dan mempercepat proses pembuatan kerajinan tembaga kuningan untuk melayani keinginan konsumen. Sehingga konsumen puas dan perajin kerajinan tembaga mendapat untung. Pengrajin faktanya perlu berpartisipasi revisi jaman, tapi juga perlu bantuan baik peralatan yang modern ataupun pendampingan.
Banyak sekali produk kerajinan tembaga yang dihasilkan oleh para pengusaha Tumang-Boyolali. Sebelumnya produk yang paling murah mirip lampu gantung berukuran mungil dibeli untuk kepentingan dekorasi kafe. Akan Tetapi ada juga produk dg nilai miliaran juga sempat diterima para pengusaha kerajinan tembaga Tumang-Boyolali, mirip produk kubah masjid yang berukuruan besar. Harga satu Kubah masjid tembaga dibanderol menemui Rp 1 Miliar, tergantung ukuran kubah masjid yang dipesan. Jadi harga kerajinan tembaga sangat bervariassi. Sementara tsb, lampu gantung untuk furnitur rumah juga punya harga banyak mulai Rp 1 jt s/d Rp 8 jt. Semua harga kerajinan tembaga kontinyu sesuai dg kompleksitas pembuatan dan bahan utama yang harus digunakan. Pengrajin kerajinan tembaga Tumang-Boyolali siap mendapat order dari manapun juga, termasuk order dari Kabupaten Lombok Utara. Info lebih aktual silakan kunjungi weblog http://tembagakuningan.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar